Selasa, 20 Januari 2009

Prabowo Belum Ditawari Dampingi Megawati

BOGOR - Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya, mengatakan belum menerima tawaran dari PDI Perjuangan untuk mendampingi Megawati Soekarnoputri sebagai wakil presiden di 2009. Saat ini mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat ini tetap bertahan menjadi calon presiden dari Partai Gerindra. 

“Saya belum menerima tawaran menjadi wakil presiden dari mana pun. Sekarang ini saya adalah calon presiden dari Partai Gerindra,” kata Prabowo seusai pengukuhannya sebagai Ketua Badan Kehormatan Gabungan Inisiatif Bersama Anak Siliwangi, di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat kemarin. 

Saat ini PDI Perjuangan tengah mencari pasangan Megawati sebagai calon presiden dan wakil presiden di 2009. Prabowo merupakan salah satu kandidat yang disebutkan PDI Perjuangan. Selain Prabowo, nama lain adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Hidayat Nur Wahid. 

Akhir bulan ini PDI Perjuangan menggagas rapat kerja nasional. Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Pramono Anung, rapat kerja belum menentukan nama pendamping, tapi mengerucutkan jumlah dari belasan nama tokoh calon pendamping Megawati menjadi tiga sampai empat nama. 

Menjelang pertemuan, pengurus teras PDI Perjuangan gencar mendekati tokoh nasional. Pekan lalu Prabowo dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Fadli Zon bertemu dengan Megawati di kediaman Kebagusan, Jakarta Selatan. 

Menurut Fadli kemarin, pertemuan tak spesifik membahas pencalonan maupun mengenai koalisi. Pertemuan, kata dia, hanya membicarakan masalah bangsa terkini dan cerita masa lalu. "Hanya makan malam biasa," kata dia. "Sampai sekarang Pak Prabowo masih calon presiden dari Gerindra." 

Tak hanya Prabowo, PDI Perjuangan gencar mendekati Sri Sultan. Ketua Dewan Pengarah PDI Perjuangan Taufiq Kiemas beberapa kali bertemu dengan Sultan. Pertemuan terakhir keduanya dilakukan pekan lalu di Yogyakarta. Sultan disebut-sebut sebagai calon terkuat PDI Perjuangan jika berpasangan dengan Megawati. Namun, hingga kini Sultan belum memastikan kesediaannya. 

Selain para tokoh yang disebut sebagai calon wakil presidennya, PDI Perjuangan juga mengagendakan bertemu dengan Abdurrahman Wahid dan Amien Rais. Sumber Tempo mengatakan pertemuan dengan Abdurrahman Wahid dibahas sejak tiga pekan lalu saat Taufiq Kiemas bertemu dengan Zannuba Arifah Chafsoh, putri Gus Dur. 

Namun, Pramono Anung tak menjawab pasti mengenai pertemuan tiga tokoh yang hadir dalam pertemuan Ciganjur pada 1998 ini. "Lihat saja nanti," kata Pramono. Adapun Zannuba tak mau menjawab soal ini. Pertemuannya dengan Taufiq Kiemas, kata dia, hanya diisi tertawa-tawa membahas persoalan bangsa dan membicarakan masa lalu. 

Sumber Tempo di PDI Perjuangan menyebutkan, pertemuan dengan berbagai tokoh berkaitan dengan penyusunan kabinet bayangan Megawati. PURWANTO | DIKY | BERNARDA RURIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar